Dunia Menurut Saya..

informasi dari penjuru dunia dalam otak mahasiswa es dua

Artis Infotainment, Sebuah Genre Artis Baru

Dunia Menurut Saya - Jambul KhatulistiwaDear diary, long time no see ya? Sorry, kuliah dan kerjaan telah membuat saya semakin melupakanmu. Sebenarnya banyak hal yang bisa saya kutip semenjak masa rehat kemaren, kita lewatkan beberapa, pilih yang paling hits, racik, dan jadilah ini. Bukan tentang Syahrini sih, cuma studi kasusnya aja yang kebanyakan dari Syahrini.

Pernah ga mikir, kenapa Syahrini terkenal? “Karena penyanyi!” Ya benar. Tapi karyanya? Seberapa banyak sih? Menurut penelitian (saya), Syahrini ini terkenal semenjak berduet dengan Mas Anang* (maaf disensor), dan itu notabene terkenal karena saat itu Mas Anang baru bercerai dengan Sang Diva, dan langsung berduet dengan Syahrini, menyanyikan lagu bertemakan curhat, dan yang menghebohkan lagi, performance kedua insan ini di atas panggung, seakan-akan berkata “kita berdua memang ada apa-apa”. Tapi saat ditanya pers tentang hubungan mereka? Sedikit penambahan kata dengan statement tadi, “Kita berdua ga ada apa-apa. Cuma temenan”. Semenjak 2 buah kalimat itu diucapkan, pers Indonesia seakan-akan heboh sendiri untuk menyimpulkan berita hubungan mereka. Tawaran iklan dengan menggunakan jasa mereka berdua berdatangan, dan tentunya banyak job  untuk perform di berbagai acara. Itu pertama.

Kedua, saat pamor keduanya mulai biasa-biasa aja, tiba-tiba saja negara kita tercinta ini dihebohkan dengan pemberitaan kalau kontrak duet Mas Anang – Syahrini berakhir. Pers kalang kabut dibuatnya. Semua infotainment berlomba-lomba menayangkan berita ini se-detail-detail-nya dengan durasi siapa-yang-terlama-dia-yang-juara.

Ketiga. Tak lama kemudian, Mas Anang diberitakan mendapatkan pasangan duet baru, yang kini menjadi kekasihnya, sebut saja Ashanty (nama disamarkan). Dan secara tidak langsung, Syahrini ikut diberitakan. Tidak hanya itu, tiba-tiba saja pihak Syahrini merasa dirugikan dan memulai perseteruan dengan pihak Anang, dengan alasan yang sebenarnya masih tidak jelas.

Keempat. Single baru Syahrini keluar. Lagunya biasa aja, tapi menurut masyarakat Indonesia ini adalah hal yang mendalam banget. Ya, lagunya bertemakan pengkhianatan cinta (Mas Anang; menurut saya). Infotainment pun heboh lagi. Layar televisi saya dikotori oleh berita-berita semacam ini. Semua sama.

Kelima. Tiba-tiba sosok Syahrini menjadi seorang ahli sastra. Index kamus Bahasa Indonesia bertambah, dengan menambahkan padanan kata “Alhamdullilah ya..” dan “Sesuatu Banget”. Saya sempat membahas hal ini di posting-an saya sebelumnya, tentang Makna di Balik “Sesuatu Banget”. Penting? Engga. Tapi bagi Syahrini? Sesuatu banget.

Dunia Menurut Saya - Jambul Khatulistiwa dan Bulu Mata Anti BadaiDan keenam. Ini adalah moment yang baru saja terjadi. Kedatangan LA Galaxy (sebenarnya David Beckham) disambut oleh Syahrini. Timeline saya isinya umpatan dan muntahan, mengarah kepada pemberitaan tersebut yang diberitakan detik.com. Dan yang hebatnya lagi, di sana Syahrini memperkenalkan hal baru kepada Indonesia dan David Beckham. Adalah Jambul Khatulistiwa dan Bulu Mata Anti Badai yang mengalihkan dunia. Bisa di-googling, seperti apa 2 hal ini. Dan belum lagi pemberitaan foto bareng Syahrini dan David Beckham, dan tidak terlewatkan tanda tangan Beckham di kaos Syahrini tepat di bagian dada. Seminggu terakhir infotainment seakan-seakan bahagia mendapatkan banyak materi tidak jelas dari Sang Biduan.

Bisa dilihat, dari keenam kisah Syahrini di atas, cuma 2 nomer yang menyatakan potensi Syahrini sebagai penyanyi. Sisanya? Tak lebih dari hal-hal ga penting dibalut dengan pemberitaan lebay infotainment. Itulah yang saya maksud, artis infotainment. Sebuah genre artis baru, dimana karyanya di bidang seni telah diabaikan, tergantikan dengan kepopuleran melalui pemberitaan. Tidak penting dan bisa jadi pembodohan. Menurut saya.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: